CONTOH SOAL HOTS IPA SMP BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DAN BLOOM REVISI - KISI-KISI, SOAL, KUNCI JAWABAN

CONTOH SOAL HOTS IPA SMP BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DAN BLOOM REVISI - KISI-KISI, SOAL, KUNCI JAWABAN

OLEH 

KADEK YUNANDA LUXIANA PARWATA

1.      KISI-KISI
Taksonomi
Kompetensi
Nomor soal
Materi
Bloom
C4
1
Gerak lurus berubah beraturan
2
Virus sebagai suber penyakit
C5
3
Rangkaian listrik
4
Gerak Lurus Berubah Beraturan
C6
5
Kalor
6
Fotosintesis
Bloom Revisi
C4
1
Evolusi
2
Gaya Hidrostatis
C5
3
Klasifikasi mahkluk hidup
4
Jaring-jaring makanan
C6
5
Campuran
6
Reaksi kimia








2.      SOAL

2.1.      TAKSONOMI BLOOM

A. ANALISIS (C4)
  1. Seekor citah mengintai rusa buruannya dari seberang sungai. Lari citah dua kali lipat lebih cepat dari pada lari rusa, namun ketika citah tersebut menyerang ia tidak dapat menangkap rusa. Apa yang harus dilakukan citah untuk dapat menangkap rusa?
Diketahui grafik kecepatan lari citah dan rusa sebagai berikut.
  1. 6 orang pemuda sedang berkemah kepuncak gunung yang memiliki suhu begitu rendah. Karena kedinginan, salah seorang pemuda terkena flu. Selang beberapa jam, 2 pemuda lainnya ikut terkena flu. Keesekoan harinya, mereka memutuskan untuk turun gunung untuk menghindari lingkungan yang dingin agar flu yang dialami 3 orang pemuda tersebut tidak semakin perah. Keenam berendam di kolam sumber mata air panas agar tubuh mereka tidak kedinginan sehingga flu bisa hilang. Namun setekah selesai berendam, 2 pemuda lainnya yang awalnya sehat malah ikut terkena flu. Analisalah penyebab masalahnya?
B.     SINTESIS (C5)
  1. Anisa ingin memasang sirkuit listrik menggunakan dua lampu dan menghasilkan cahaya yang sama. Dia juga ingin memastikan bahwa lampu akan terus bersinar terang walaupun lampu lainnya tidak bekerja. Diagram mana yang menunjukkan sirkuit listrik Anisa agar sesuai dengan keinginannya?
  1. Sebuah kereta melaju dengan kecepatan 80km/jam untuk mencapai pusat kota yang berada sejauh 160km. kereta melaju cepat dari posisi diam hingga mulai bergerak dan dari bergerak hingga berhenti. Ditengah perjalanan, kereta berhenti selama 30menit untuk mengisi bahan bakar di stasiun yang berjarak ¾ perjalanan ke pusat kota. Buatlah grafik hubungan v dan t!
C.    PENILAIAN (C6)
  1. Simpulkan hubungan antara Q, m, dan ∆t pada hasil pengamatan berikut.
Q (j.oc)
M (kg)
c (J/kg)
∆t (oc)
126
1
4.2
30
336
2
4.2
40
630
3
4.2
50
840
4
4.2
50
1260
5
4.2
60
1260
6
4.2
50
1176
7
4.2
40
1008
8
4.2
30
756
9
4.2
20

  1. Ana memiliki 4 buah pohon baru dengan jenis yang sama. Bagaimanakah cara yang dapat dilakukan Ana untuk menilai apakah jenis pohon tersebut sebaiknya diletakkan di dalam ruang tamu atau di halaman terbuka?





2.2.      TAKSONOMI BLOOM REVISI

A.    MENGANALISIS (C4)
  1. Disebuah desa terjadi wabah demam berdarah. Sebagai upaya mengurangi menyebarnya penyakit demam berdarah, dilakukan fogging secara berkala setiap tahunnya. Setelah dilakukan fogging, tingkat terjadinya demam berdarah berkurang drastis. Namun setelah 8 tahun berlalu, penyakit demam berdarah mulai kembali ditemukan. Apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi?
  2. Seorang anak yang berusia 14 tahun dengan tinggi 150 cm dan berat 60 kg pergi ke kolam berenang untuk belajar berenang. Apabila ada dua buah kolam, kolam A dan B, yang memiliki kedalaman masing-masing 2 m dan 4 m. Pada kolam mana anak tersebut harus belajar agar dapat berenang lebih mudah?
B.     MENILAI (C5)
  1. Seorang peneliti menemukan spesies hewan baru. Ciri-ciri hewan tersebut adalah hidup di darat, bersifat homoioterm, sistem pernafasan lengkap dengan paru-paru, berkembang biak secara ovivar, kulit kaki tersususn dari zat tanduk yang keras, berbulu, serta memiliki sepasang kaki dan sayap namun tidak bisa terbang, Prediksilah klasifikasi hewan tersebut!
  2. Diketahui dalam suatu lumbung, seorang petani menyimpan 1ton padi. Setelah 1 bulan disimpan, petani tersebut menyadari bahwa jumlah padi yang ia simpan berkurang. Setelah melakukan menyelidikan, ternyata banyak hewan yang memasuki lumbungnya seperti tikus, kodok, belalang, ayam, kodok, ular, burung pipit, dan elang.
Petani tersebut menduga bahwa tikus-tikuslah yang memakan padinya. Petani tersebut kemudian memelihara 10 kucing di lumbung padinya dengan harapan agar kucing tersebut dapat menangkap tikus, sehingga padi-padi yang ia simpan tidak berkurang. Setelah 1 bulan berlangsung, jumlah tikus berkurang. Prediksilah apa yang terjadi pada padi yang disimpan dalam lumbung petani tersebut!
C.    MENCIPTA (C6)
  1. Dua orang penjelajah tersesat di sebuah hutan belantara yang dipenuhi pohon tinggi seperti pohon kelapa serta batuan kecil seperti kerikil dan pasir. Tubuh mereka kotor karena terjatuh kedalam kubangan air yang keruh. Mereka sangat ingin membasuh diri namun mereka tidak memiliki cukup persediaan air. Hanya saputangan, botol-botol plastik kosong, baju, dan pisau yang tersisa didalam tas mereka. Apa yang harus mereka lakukan untuk mendapat air bersih?
  2. Buatlah suatu rancangan eksperimen untuk membuktikan bahwa terjadi reaksi kimia dari pencampuran CH3COOH dengan NaHCO3!




3.      JAWABAN

3.1.      TAKSONOMI BLOOM

1.      Berdasarkan grafik diatas, diketahui bahwa semakin pendek waktu maka semakin cepat lari citah, namun semakin lama kecepatan citas semakin berkurang. Kecepatan lari rusa cenderung tetap walau berlari dalam waktu cepat atau sebentar. Diketahui bahwa kecepatan dapat dicari dengan membagi jarak dengan waktu (Kecepatan = jarak/waktu).
Maka untuk dapat menangkap rusa, yang harus dilakukan citah adalah memulai serangan/mulai berlari dalam jarak yang sedekat Mungkin dengan rusa, karena semakin dekat jarak antara citah dan rusa maka semakin besar kecepatan citah dan semakin besar peluang citah untuk menangkap rusa.
2.      Flu dalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan tersebar melalui udara. Penyebaran virus flu tidak dipengaruhi oleh temperatur lingkungan, panas maupun dingin. Jadi ketika ada seseorang mengalami flu, sangat mungkin orang yang ada di sekitarnya juga terkena flu. Selama virus flu tidak dihilangkan, walaupun suhu lingkungan berubah, maka penyebaran virus tetap mungkin terjadi.
3.      Rankaian A yang bersifat paralel. Karena dalam rangkaian paralel, apabila ada kerusakan pada satu buah lampu, maka lampu yang lain akan tetap bekerja.
4.      Rumus kecepatan adalah jarak dibagi waktu (v=s/t). Jarak yang ditempuh = 160km, dengan kecepatan 80km/jam. Dengan demikian dapat diketahui bahwa waktu yang ditempuh adalah 2 jam (t=s/v).

Diketahui bahwa kereta berhenti di stasion yang berjarak ¾ perjalanan ke kota. Jadi waktu ketika kereta berhenti adalah ¾ dari waktu total, yakni pada waktu 1.5 jam (¾ x 2). Karena kereta berhenti selama 30 menit, maka total waktu perjalanan adalah 2 jam 30 menit atau 2.5 jam. Grafik hubugan v dan t yang terbentuk adalah sebagai berikut.

5.      Hubungan yang dapat diperoleh adalah besar Q berbanding lurus dengan ∆t, Q berbanding lurus dengan m, dan m berbanding terbalik dengan ∆t. Hubungan ini sesuai dengan rumus kalor yaitu Q = m.c.∆t.
6.      Ana dapat melakukan eksperimen untuk menilai apakah pohon tersebut sebaiknya diletakkan di dalam ruang tamu atau di halaman terbuka. Eksperimen dilakukan untuk menilai respon tumbhan terhadap sinar matahari. 2 pohon diletakkan di ruang tamu dan 2 lainnya di letakkan di halaman terbuka. Keempat pohon diberikan perlakuan yang sama (pupuk, air, dll). Setelah beberapa hari, Ana dapat melakukan pengamatan terhadap keempat pohon. Jika pohon yang ada di dalam ruang tamu tumbuh lebih subur, maka jenis pohon tersebut sebaikknya diletakkan di ruang tamu. Jika  pohon yang ada di halaman tumbuh lebih subur, maka jenis pohon tersebut sebaiknya diletakkan di halaman terbuka.





3.2.      TAKSONOMI BLOOM REVISI

1.      Penyakit demam berdarah disebarkan melalui gigitan nyamuk. Fogging dilakukan sebagai upaya pemberantasan jentik nyamuk sehingga nyamuk berkurang dan berimbas pada berkurangnya penyebaran penyakit demam berdarah melalui gigitan nyamuk. Setelah dilakukan fogging dalam jangka waktu yang lama, jentik nyamuk menjadi resisten terhadap zat yang terdapat dalam fogging sehingga nyamuk dapat bertahan dan mulai meningkat keberadaannya. Hal ini sesuai dengan teori Darwin yang menyatakan bahwa setiap mahkluk berevolusi untuk dapat bertahan hidup. Resistensi nyamuk terhadap zat yang terdaat dalam fogging merupakan salah satu evolusi yang terjadi pada nyamuk sebagai upaya untuk bertahan hidup.
2.      Sama saja. Walau kolam A dan B memiliki kedalaman yang berbeda kedalaman tidak akan mempengaruhi kemampuan anak dalam berenang. Hal ini disebabkan karena salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berenang adalah adanya gaya tekan keatas oleh air yang menyebabkan seseorang bisa mengapung. Besar gaya tekan keatas dipengaruhi oleh banyak volume air yang dipindahkan, dalam hal ini sama dengan massa benda. (Fair = Wbenda). Anak yang sama, akan mengalami gaya tekan keatas dengan besar yang sama.
3.      Aves
4.      Jumlah padi berkurang. Karena tidak hanya tikus yang memakan padi dalam ekosistem tersebut. Hewan lain yang ikut memakan padi adalah belalang dan burung. Apabila digambarkan dalam jaring-jaring makanan, maka didapat gambaran sebagai berikut.
5.      Untuk mendapat air bersih, kedua penjelajah itu dapat membuat filtrasi air sederhana memanfaatkan alat-alat yang mereka punya (pisau, botol plastik, kain/saputangan) dan alat-alat yang ada di sekitar mereka (serabut kelapa, kerikil, pasir).

Cara untuk membuat alat filtrasi air sederhana adalah dengan melubangi bagian atas dan bawah botol plastik menggunakan pisau. Kemudian kedalam botol plastik dapat dimasukkan bahan-bahan sebagai berikut.
 Kemudian kedua penjelajah itu dapat menyaring kubangan air yang kotor tersebut menjadi air bersih menggunakan filtrasi air sederhana.
6.      Rancangan eksperimen yang dapat di buat adalah sebagai berikut.
a.       Judul         : Reaksi Kimia
b.      Tujuan       : Membuktikan adanya reaksi kimia pada reaksi NaHCO3 dan CH3COOH 
c.       Teori          :
Salah satu ciri reaksi kimia adalah menghasilkan gas. Ketika CH3COOH (cuka) dicampurkan dengan NaHCO3 (baking soda) maka akan dihasilkan gas karbondioksida. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut.
NaHCO3 (s) + CH3COOH (aq)  →  CH3COONa (aq) + CO2 (g) + H2O (l)
d.      Alat dan bahan      :


-  CH3COOH (cuka) 200 ml
-   NaHCO3 (soda kue) 100 gr
-  Botol kaca 1 buah
-  Balon 1 buah


e.       Langkah kerja       :
-          Masukkan CH3COOH kedalam botol.
-          Masukkan NaHCO3 kedalam balon.
-          Masukkan ujung balon kedalam ujung botol seperti gambar berikut. Usahakan tidak ada celah pertukaran udara antara botol dengan balon.
-          Jatuhkan NaHCO3 kedalam botol.
-          Lihat perubahan yan terjadi pada balon.
f.       Hasil dan pembahasan
Reaksi kimia antara CH3COOH dengan NaHCO3 menghasilkan gas karbondioksida.  Gas karbondiosida yang dihasilkan akan mendesak balon sehingga balon mengembung. Apabila balon mengembung, maka dapat dibuktikan bahwa terjadi reaksi kimia antara CH3COOH dengan NaHCO3   yang ditandai dengan terbentukknya gas.

Komentar

  1. orang pemuda sedang berkemah kepuncak gunung yang memiliki suhu begitu rendah. Karena kedinginan, salah seorang pemuda terkena flu. Selang beberapa jam, 2 pemuda lainnya ikut terkena flu. Keesekoan harinya, mereka memutuskan untuk turun gunung untuk menghindari lingkungan yang dingin agar flu yang dialami 3 orang pemuda tersebut tidak semakin perah. Keenam berendam di kolam sumber mata air panas agar tubuh mereka tidak kedinginan sehingga flu bisa hilang. Namun setekah selesai berendam, 2 pemuda lainnya yang awalnya sehat malah ikut terkena flu. Analisalah penyebab masalahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang pemuda sedang berkemah kepuncak gunung yang memiliki suhu begitu rendah. Karena kedinginan, salah seorang pemuda terkena flu. Selang beberapa jam, 2 pemuda lainnya ikut terkena flu. Keesekoan harinya, mereka memutuskan untuk turun gunung untuk menghindari lingkungan yang dingin agar flu yang dialami 3 orang pemuda tersebut tidak semakin perah. Keenam berendam di kolam sumber mata air panas agar tubuh mereka tidak kedinginan sehingga flu bisa hilang. Namun setekah selesai berendam, 2 pemuda lainnya yang awalnya sehat malah ikut terkena flu. Analisalah penyebab masalahnya?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS)

INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK - LKS, INSTRUMEN, RUBRIK PENILAIAN - INDIKATOR ASAM BASA